Senin, 18 Oktober 2010

SAYA PAMIT ISTRI SAYA DULU YA..


OB pertama saya namanya Amir. Umurnya 25 tahun dan  sudah beranak dua Saya mempekerjakan Amir berkat  rekomendasi Mbak Imah yang saat  itu sudah lebih setahun menjadi ART di rumah saya. Waktu itu saya baru memisahkan kantor yang selama ini jadi satu dengan rumah tinggal saya. Jadi, kalau dulunya saya sekeluarga secara nggak langsung jadi penjaga kantor di malam hari, setelah kantor dipisah sama rumah urusannya lain lagi. Usai jam kerja rumah yang saya jadikan kantor itu kosong melompong tanpa penghuni. Memang sih letaknya di dalam komplek perumahan yang selalu dijaga satpam. Tapi tetep aja saya nggak rela meninggalkan kantor berikut barang-barang di dalamnya tanpa penjagaan.

Karena waktu itu saya belum berpengalaman cari OB, saya main iya iya aja saat Mbak Imah menyodorkan adiknya untuk menjadi kandidat utama mengisi posisi OB di kantor saya. Tanpa test, tanpa wawancara saya langsung percaya aja karena si Mbak udah cukup lama kerja di rumah saya -meski nggak menginap, cuma  datang pagi pulang siang- dan selama ini reputasinya baik. Toh kerjaan OB juga cuma jaga malam, bersih-bersih kantor, dan disuruh ke sana ke sini. Nggak perlu cari orang dengan kemampuan luar biasa untuk itu kan? Yang penting jujur. (Belakangan, saya memetik satu pelajaran penting gara-gara meremehkan hal ini.  Ternyata –bahkan untuk pekerjaan yang sederhana sekali pun- mencari orang yang tepat  bukan perkara gampang)

Pas mau mulai kerja, nggak lupa saya kasih tahu apa-apa aja tugas si Amir ini. Malam jaga kantor, pagi bersih-bersih, siang stand by untuk disuruh-suruh beli makan siang, ke kantor pos, ambil surat, foto kopi,  ke warung, dan sejenisnya. Setelah makan siang Amir boleh pulang ke rumahnya  di perkampungan yang berada di belakang komplek,  biar bisa kumpul sama anak istri, lalu sekitar jam lima sore balik lagi ke kantor karena itu waktunya saya dan pegawai lain pulang ke rumah masing-masing (ya iyalah, masa ke rumah tetangga?). Soal gaji pun sudah kami sepakati bersama dengan jumlah yang cukup besar, kurang lebih dua kali gaji Mbak Imah karena saya anggap dia kerja siang malam. Apalagi mengingat si Amir ini cuma lulusan SD dan hampir nggak  punya pengalaman kerja. Satu-satunya pekerjaan yang pernah dia lakukan adalah jadi kuli bangunan, itu pun belum tentu sebulan sekali ada yang memakai tenaganya.

“Udah jelas kan, Mir,  apa aja tugas-tugas kamu selama kerja di sini?” tanya saya abis ngasih instruksi panjang lebar soal apa-apa aja yang jadi tanggung jawabnya.

“Jelas, Bu.”

“Ya udah, berarti mulai malam ini kamu tidur di kantor ya. Kantor jangan pernah ditinggal kosong. Kamu cuma boleh pulang setiap abis makan siang sampai jam lima sore.”

“Iya, Bu.”

“Ada pertanyaan nggak?”

“Hmmm.. anu, Bu..” Amir nggak langsung melanjutkan kalimatnya, malah ngeliatin saya dulu.

“Kenapa, Mir? Ngomong aja, nggak usah ragu-ragu.” Saya menyemangatinya untuk meneruskan kalimatnya yang terputus begitu saja.

“Gini, Bu. Di rumah kan saya miara kambing. Boleh nggak kalau  tiap hari sekitar jam-jam tigaan sore gitu saya pulang ke rumah dulu untuk ngasih makan kambing saya?”

“Ya boleh dong. Kan tadi saya udah bilang, jam satu siang kamu boleh pulang ke rumah dan saya suruh balik lagi ke kantor jam lima sore. Terserah kamu mau ngapain, pokoknya selama jam itu kamu bebas tugas,” jawab saya dengan sabar dan bijaksana.

“Iya, tapi maksud saya gini, Bu. Kan saya di sini tugasnya jaga malam, bersih-bersih kantor sama dimintain tolong ke sana kemari. Tapi saya di rumah juga miara kambing. Biasanya kan saya pagi-pagi tuh, Bu, cari rumput buat makan kambing saya. Atau kalo nggak saya bawa sekalian tuh kambing saya ke lapangan rumput  biar pada cari makan sendiri..” Amir tiba-tiba berhenti ngomong sebelum saya menangkap arah tujuan pembicaraannya tentang kambing piaraan yang harus dikasih makan rumput.

Hening.

Karena Amir kelamaan diem aja, akhirnya saya nggak tahan nanya, “Terus?” Beneran deh, waktu nanya gitu saya belom kepikiran macem-macem.

“Makanya kalau ntar-ntar Ibu butuh saya sekitar jam tigaan gitu, saya nggak ada di kantor, Bu. Soalnya saya lagi kasih makan kambing dulu. Paling cuma sejam, dari jam tiga sampe jam empatan gitu. Kan kata Ibu kantor nggak boleh ditinggal kosong…”

Saya langsung melongo.

Duh Gusti, saya yang bego apa dia yang gila sih? Baru mau mulai kerja aja Amir udah bikin saya was-was, jangan-jangan saya perlu nyetok sekardus obat sakit kepala di ruangan kerja!

Saya sungguh nggak menduga kalau kesan pertama yang kurang menggoda itu bakal jadi masalah di kemudian hari. Apalagi belakangan baru saya tahu, seumur hidupnya Amir   nggak pernah pergi jauh dari kampung kelahirannya yang –padahal-  cuma terletak  di perbatasan Tangerang dengan Jakarta Selatan. Jadi, inilah percakapan yang terjadi waktu saya memintanya pergi ke Bintaro Plaza.

Saya : “Mir, tolong beliin amplop cokelat besar di Bintaro Plaza dong. Kamu langsung ke lantai 2, di sana ada toko buku. Nah, kamu beli amplopnya di toko buku itu ya.”

Amir  : “Wah, Bu, saya belom pernah ke sono. Jauh banget, Bu, saya takut nyasar ah.”

Ya ampuuuun… Bintaro Plaza itu posisinya nggak sampai 8 kilometer dari kantor saya loh! Lah, kalau ke situ aja dibilang jauh banget, jangan-jangan ke Monas dia pikir keluar negeri.

Yang bikin saya tambah napsu, dari kantor saya cuma ada satu jalan raya untuk mencapai Bintaro Plaza. Artinya, asal si Amir kuper ini naik motor ngikutin jalan dan nggak iseng-iseng nyusruk ke kebon-kebon singkong yang pada waktu itu masih banyak di sekitar komplek perumahan saya, dia nggak bakalan nyasar! Saya juga berani memastikan nggak ada satu orang jahat pun yang tertarik menculik si Amir mengingat orangnya tinggi-gede-item-nyeremin. Huh, badan doang gede, disuruh ke Bintaro Plaza takut ilang!

Setelah saya ceramahin panjang lebar, akhirnya Amir mau juga berangkat  ke Bintaro Plaza. Dia ganti baju pakai celana panjang, kemeja lengan panjang, jaket, helm, dan nggak lupa mengajukan satu syarat. “Saya pamit istri saya dulu ya, Bu.”

Jiaaaah… Disuruh beli amplop aja kayak disuruh berangkat ke medan perang, pakai pamit ke istri dulu! Nggak sekalian tuh bawa koper sama bekal makanan buat di jalan?

4 komentar:

  1. Nice posting... keep posting mbak !

    BalasHapus
  2. Wah.. lama-lama blog ini bisa dicetak jadi novel nih mbak... trus diangkat ke layar lebar, trus jadi box office dimana-mana.... hehe, lanjuuuuutt...

    BalasHapus
  3. duhhhh, si mbak yg sabar yah.. hehe,
    jangan sampe frustasi gara2 OB.. huhuhu..
    tapi critanya fresh mbak, bikin ngakak.
    bagus nih buat lanjutin sketsa komedi OB di tipi..hohoho...

    BalasHapus