Minggu, 24 Oktober 2010

DI SONO KAGAK ADA YANG NAMANYA MBAK NONON!


Setiap kali mau memerintahkan Amir melakukan pekerjaan tertentu, saya suka mendadak deg-degan sendiri. Soalnya berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah, ngasih penjelasan tentang apa yang kita ingin Amir kerjakan itu jauh lebih sulit dibandingkan dengan pekerjaannya sendiri. Mau nyuruh Amir bersihin kaca jendela kantor, misalnya. Kalau saya kerjain sendiri, nggak ada setengah jam juga udah kinclong semua tuh kaca jendela di kantor. Tapi kalo nyuruh Amir, ngasih tahu cara ngerjainnya aja bisa sejam sendiri, eh, begitu dikerjain belom tentu jadinya seperti yang saya mau. Amir pernah ngelapin kaca jendela pake lap kompor yang nggak dicuci bersih dulu. Hasilnya, bukannya bersih kaca jendela kantor saya malah jadi burem semua. Padahal sebelum dia mulai ngerjain, saya udah ngasih penjelasan sampai mulut berbuih-buih!

Karena alasan itulah, kalo suasana hati lagi kurang enak, saya ogah nyuruh-nyuruh Amir. Tapi karena dia satu-satunya OB di kantor saya, mau nggak mau kami (maksudnya saya, suami dan karyawan lain di kantor saya) suka terpaksa berurusan sama dia sambil sebelumnya berdoa dalam hati semoga saat itu Amir nggak lagi kumat dogolnya,.

“Amir!” panggil suami saya suatu pagi.

“Ya, Pak!” sahut Amir yang lagi motong rumput di halaman depan kantor.

“Kamu tahu sekolah musik ‘Pinter Nyanyi’  di sektor 3 nggak?”

Amir diem aja. Dari kejauhan saya ngeliatin sambil ketawa-ketawa dalam hati. Wah, suami lagi mau uji kesabaran tuh kayaknya.

“Itu loh, yang tempatnya di ruko-ruko deket mini market ‘Lengkap Semua’. Seberangnya ada bengkel mobil.”

“Oh..” gumam Amir.

“Tau kan?”

“Kagak, Pak.”

Hihihii… saya langsung ngumpet di bawah meja, takut kepergok suami lagi cekikikkan ngetawain dialog aneh tapi nyata antara mereka berdua. Pagi-pagi udah cari penyakit sih, pake deket-deket si Amir segala!

Untung malemnya suami saya cukup istirahat dan paginya udah sempat sarapan. Dengan penuh kesabaran ia ngambil kertas dan bolpen, lalu menggambarkan peta lokasi sekolah musik yang dimaksud. “Sini saya kasih tahu, Mir. Nih, kamu kan posisinya dari sini. Setelah ketemu mesjid di sektor 5 kamu masih lurus aja ngikutin jalan. Terus…”  Suami saya menjelaskan panjang lebar, sementara Amir menyimak sambil mulutnya agak mangap. Mungkin dengan begitu instruksi yang diberikan suami bisa lebih cepet kesedot masuk ke otaknya. Kalau cuma dijelasin doang mah saya nggak yakin dia  nerimanya sama dengan apa yang diperintahkan. Harus dibantu pakai tenaga dalam yang -saya curiganya sih- baru bisa bekerja maksimal kalau Amir membuka mulutnya.

Singkat cerita, berangkatlah Amir ke sekolah musik ‘Pinter Nyanyi’ di sektor 3. Misinya sederhana; disuruh nganter majalah untuk bagian promosi di sana –sebut aja namanya Mbak Nonon. Berhubung udah pernah ke Bintaro Plaza yang posisinya sedikit lebih jauh dari sekolah musik ‘Pinter Nyanyi’, kali ini Amir berangkat dengan lebih pede. Nggak pake acara pamit istri segala.

“Jangan lupa, nanti sampai di sana minta tanda terima ya, Mir!” teriak suami sebelum Amir berangkat.

“Sip, Pak!”

Setengah jam kemudian, si Amir udah balik ke kantor. Melihat amplop cokelat besar berisi majalah yang masih dibawanya, saya langsung nebak pasti misi nggak berhasil.

“Ketemu nggak tempatnya, Mir?” tanya suami saya.

“Ketemu, Pak. Tapi di sono kagak ada yang namanya Mbak Nonon.”

“Masa sih?” Suami saya jadi heran dan mulai meragukan kewarasannya sendiri. Dia masuk ke ruangan kerja kami, mencari-cari kartu nama yang biasa disimpan di buku khusus untuk menyimpan kartu nama, lalu mengamat-amati salah satu di antaranya baik-baik.

“Bener kok namanya Mbak Nonon, alamatnya juga bener,” gumamnya sambil manggil Amir lagi.

“Mir, kamu beneran udah ke sekolah musik ‘Pinter Nyanyi’ dan nggak ada nama Mbak Nonon di sana?”

“Yaelah, beneran, Pak. Masa saya bo’ong? Malahan saya udah tanyain juga yang namanya Mbak Ninin, Mbak Nunun, Mbak Nanan, Mbak Nenen.. kagak ada semua, Pak!” jawab Amir mantap dan meyakinkan.

“Kamu nggak salah masuk kan? Soalnya di dekat situ ada juga sekolah musik ‘Merdu Merayu’. Nih, liat baek-baek ya, kalo ‘Pinter Nyanyi’ logonya kayak gini. Kalo ‘Merdu Merayu’ kayak gini.” Suami menunjukkan kartu nama dua sekolah musik yang memang posisinya berdekatan itu. “Kamu yakin tadi nggak salah masuk ke ‘Merdu Merayu’?” tanya suami saya lagi.

Eng ing eeeeng… Tampang Amir langsung berubah panik. Bola matanya muter-muter kayak abis nelen jengkol mentah utuh-utuh tanpa dikunyah, sementara mulutnya monyong-monyong kayak mau ngomong tapi nggak jadi-jadi.

“Mir,  ditanya kok malah bengong!” ujar suami keras, nggak sabar liat Amir nggak jawab-jawab.

“Hmmmm… anu, Pak.. kayaknya saya tadi masuknya ke yang ono deh,” ujar Amir takut-takut, sambil menunjuk kartu nama  ‘Merdu Merayu’. “Tapi beneran, Pak, di sono kagak ada yang namanya Mbak Nonon,” sambungnya membela diri.

Ya iyalaaaah! Biar seluruh pelosok ruangan sekolah musik itu diubek-ubek nggak bakalan ada yang namanya Mbak Nonon! Saya bisa bayangin gimana gondoknya mbak-mbak resepsionis ‘Merdu Merayu’  waktu si Amir ngotot cari Mbak Nonon, terus pas dibilang nggak ada malah sok-sok kreatif nyari Mbak Ninin, Mbak Nunun, Mbak Nanan, dan Mbak Nenen. Lah, saya yang dari tadi cuma dengerin doang aja udah nggak sabar banget pengen buru-buru nukerin Amir sama beras sekarung kalau ada yang mau!

1 komentar: