Minggu, 24 Oktober 2010

LAMA-LAMA SAYA BISA KETULARAN GILA


Banyak orang bilang saya termasuk sabar, terutama dalam urusan menghadapi OB error model si Amir. Saya tahan loh miara Amir lebih dari setahun. Padahal suami saya baru ngomong sama Amir dua kali aja udah langsung alergi, ogah deket-deket  lagi.

“Segala sesuatu yang berhubungan sama Amir kamu aja deh yang ngurusin. Aku nggak ikut-ikut. Biaya berobat kan sekarang mahal.”

“Apa hubungannya?”

“Ya adalah... Tiap abis ngomong atau nyuruh-nyuruh si Amir, migrain-ku langsung kumat, kepala senut-senut, gigi cekot-cekot, perut kayak diremes-remes, dan tangan bawaannya jadi pengen nonjok!”

Wedeewww.. Ternyata dahsyat banget kan efek samping yang ditimbulkan kalau nggak cukup kuat iman menghadapi ulah OB model si Amir? Diminumin combantrin doang nggak bakalan mempan tuh!

Nah, kalau udah tahu bisa merusak kesehatan fisik dan mental,  kenapa saya mau-maunya mempertahankan OB kayak Amir? Jujur ya, sebetulnya sih saya udah pengen berhentiin Amir sejak minggu pertama dia bekerja di kantor saya. Tapi awalnya saya berharap Amir masih bisa berubah, masih bisa diajarin dan dikasih tahu. Lagian saya orangnya nggak tegaan. Apalagi Mbak Imah sering cerita-cerita ke saya tentang kondisi keluarga Amir yang cukup memprihatinkan.

“Bayangin aja, Bu, anaknya dua, bininya di rumah doang, Amir juga dulunya kagak ada kerjaan.”

“Lah, katanya dia miara kambing?”

“Itu kambing punya mertuanya, Bu. Amir mah disuruh angon doang. Untung sekarang dia kerja di tempat Ibu. Lumayanlah, paling nggak buat makan sehari-hari dia kagak ngutang saya mulu. Terus  anaknya yang gede jadi bisa sekolah juga. Kan harusnya udah masuk SD dari tahun kemaren, tapi  kagak disekolah-sekolahin karena si Amirnya kagak punya-punya duit..”

Aduh, saya jadi terharu. Setidaknya saya tahu, pengorbanan saya nggak sia-sia. Anak istrinya di rumah bisa hidup lebih sejahtera sejak Amir kerja di kantor saya, meski sebagai gantinya sayalah yang harus makan ati menahan derita.

Gimana saya nggak makan ati coba? Kayaknya sih saya udah cukup sering ketemu orang yang  bolotnya nggak ketulungan. Tapi Amir ini kombinasi langka yang nggak ada duanya. Bukan sekadar punya kecerdasan jauh di bawah rata-rata orang biasa, kayaknya dia juga mengidap sakit jiwa yang nggak cuma parah tapi juga menular. Iya dong, kalo Amir lagi kumat gilanya saya juga jadi ikutan kebawa-bawa nyaris gila menghadapinya! Kayak kasus berikut ini nih..

“Mir, tolong beliin gula dong,” pinta saya dari ruangan kerja saya suatu hari.

“Beli apa, Bu?” Amir muncul di depan ruang kerja saya yang sedikit terbuka.

“Gula!” Awas  berani-berani bilang belom pernah liat gula!

“Oh, gula.”  

“Iya, gula.. gula pasir.”

“Belinya dimana, Bu?”

“Ya di warunglah, masa di toko kaca?” Saya kasih Amir selembar uang lima puluh ribuan. .“Di mini market juga boleh. Terserah kamu deh, pokoknya beliin gula. Saya mau minum teh nggak ada gula tuh di dapur.”

Amir keluar dari ruangan saya. Menutup pintunya, tapi nggak lama dia nongol lagi.

“Tehnya juga udah mau abis, Bu. Mau beli sekalian kagak?”

“Ya udah, beli sekalian,” sahut saya tanpa melepas pandangan dari layar laptop. Lagi banyak banget kerjaan soalnya.

Pintu ruangan saya ditutup. Tapi baru beberapa detik, eh nongol lagi tuh si anak kingkong.

“Apa lagi?”

“Beli gulanya sekilo apa dua kilo, Bu?”

“Dua kilo juga boleh.”

“Dua kilo ya?” Amir menggumam sendiri. “Tapi kalo beli banyak-banyak di dapur suka disemutin, Bu. Apa sekilo aja ya?” sambungnya kemudian.

“Terserah kamu deh.” Huh, gitu aja pake nanya!

“Tapi kalo beli sekilo doang, ntar saya jadi bolak-balik beli gula mulu.”.

“Ya udah makanya beli dua kilo aja sekalian. Masa cuma soal kayak gitu aja harus bolak-balik tanya saya?!” ujar saya mulai sewot. Hadoooh… berat banget beban batin yang harus saya pikul. Cuma minta tolong dibeliin gula aja ribetnya ngalah-ngalahin  persiapan orang yang mau bikin hajatan tujuh hari tujuh malem.  Saya rasa, kalo saya pesen teh manis anget sekalian dari Afrika kayaknya malah udah ada di meja saya dari tadi-tadi!

Amir menghilang dari balik pintu. Tapi kayaknya memang hari itu saya lagi banyak cobaan. Baru mulai bisa kerja tenang sedikit, tiba-tiba ada yang mengetuk pintu ruangan saya.

“Masuk!” ujar saya.

Tebak, siapa yang nongol di balik pintu? Yak, betul! Si Amir kutu kupret itu, sodara-sodara!

“Loh, kamu belom berangkat?”

“Udah, Bu.”

“Mana gulanya?” Biasanya, kalo abis saya suruh beli sesuatu Amir langsung nunjukin ke saya dulu barang bukti berikut kembaliannya begitu dia menyelesaikan misinya. Tapi hari itu dia masuk ke ruangan saya tanpa membawa apa-apa.

“Belom saya beli, Bu.”

“Kenapa lagi?!”

“Saya tadi lupa nanya ke Ibu, beli tehnya berapa bungkus. Padahal saya udah sampe warung loh, Bu..”

Huuaaaaa…. Saya jadi pengen nangis saking frustasinya. Dalam hal ini saya terpaksa mengakui kalau suami saya benar. Jauh lebih bijaksana untuk  nggak deket-deket sama Amir  daripada ketularan gilanya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar