Selasa, 26 Oktober 2010

ABIS GAJI SAYA KURANG BANYAK


Selain kuper, otaknya kurang se-ons (eh,  nyangkut di dengkul pula!), nggak bisa membedakan materai dengan perangko, dan parah banget matematikanya, belakangan saya baru sadar kalau si Amir juga bukan pekerja yang rajin dan bisa dibanggakan. Udah nggak punya skill yang memadai, bisa-bisanya nih si Amir juga nggak punya tanggung jawab dan komitmen  dalam bekerja. Oh ya satu lagi; nggak punya inisiatif. Susah kan cari  yang kayak begini? Maksud saya, susah cari orang yang tahan mempekerjakan orang dengan kombinasi kayak begini.

Di awal-awal kerja sebagai OB di kantor saya, Amir masih agak-agak rajin dan niat kerja  Tapi masuk di bulan ketiga, baru deh mulai kelihatan belangnya. Kerja males-malesan, disuruh apa-apa nggak langsung dikerjain, dan yang paling nyebelin suka tiba-tiba ngilang tanpa pamit. Akibatnya, setiap kali butuh dia saya jadi harus ribet nyari-nyariin ke sana kemari. Apalagi Amir nggak punya HP (mengingat betapa kupernya dia, jangan-jangan Amir malah belom pernah tau ada alat komunikasi bernama handphone!), jadi kalau tiba-tiba ngilang nggak bisa dihubungi. Biasanya saya suka nyuruh karyawan saya yang lain nyari Amir ke rumahnya, tapi masalahnya belum tentu juga dia kalau ngilang kaburnya ke rumah. Seperti hari itu.

“Amir, dari tadi pagi kamu kemana aja sih?” tegur saya waktu Amir tiba-tiba ngilang dan baru nongol sekitar jam limaan.

“Emangnya kenapa, Bu?”

“Ditanya malah balik nanya,” ujar saya sewot. “Saya mau minta tolong kamu bawa surat ke kantor pos tapi kamu nggak keliatan seharian.”

“Iya, Bu, tadi saya tiduran di pos satpam belakang.”

“Ngapain kamu tiduran di pos satpam?”

“Abis kalau saya tiduran di kantor nanti sebentar-sebentar dibangunin dan disuruh-suruh.”

Loh, bukannya untuk itu kamu digaji di sini?! Lagian nggak setiap hari juga kok saya dan karyawan kantor yang lain nyuruh-nyuruh dia. Kalau nggak kepepet-kepepet banget, mendingan juga dikerjain sendiri daripada nyuruhnya apa hasilnya lain.

Setelah saya omel-omelin panjang lebar, Amir mengangguk-angguk. Saya anggap itu pertanda dia mengerti karena itulah yang lazim diartikan orang normal pada umumnya kalau melihat lawan bicaranya mengangguk-angguk. Kecuali kalau yang diajak ngomong pakai kaca mata item dan  duduk di deket jendela bis yang lagi jalan pelan-pelan, ada kemungkinan dia mengangguk-angguk karena terkantuk-kantuk kena semilir angin. Tapi si Amir kan nggak lagi ngantuk, apalagi duduk di deket jendela bis.

Setelah diomelin, biasanya Amir bakal berubah menjadi OB teladan. Rajin, cekatan, penurut. pokoknya bikin saya terharu. Tapi Amir memang ‘penjahat kambuhan’, begitu saya menyebutnya. Habis, insyaf-nya paling lama cuma seminggu terus balik lagi deh ke sifat aslinya yang nyebelin abis.

Suatu hari, misalnya, si Amir lagi-lagi menghilang seharian. Kali ini sambil membawa sepeda motor yang biasa dipakai untuk kendaraan operasional kantor.  Memang sih, paginya saya suruh Amir ganti oli sepeda motor itu. Tapi masa iya ganti oli doang dari jam sembilan pagi sampai jam enam sore nggak balik-balik? Emang ganti olinya di Hongkong?

Terpaksalah hari itu saya pulang malem nunggu  si Amir nongol. Soalnya, yang lebih apes lagi, ternyata kunci kantor dia bawa juga. Saya sebenernya punya serepnya, tapi emang dasar lagi sial, kunci saya ketinggalan di rumah gara-gara tadi pagi buru-buru berangkat ke kantor. Waktu saya dan suami udah mulai sariawanan, barulah si Amir nongol. Dari jauh dia udah cengar-cengir tanpa dosa.

“Tadi nyariin saya nggak, Bu?” tanyanya bikin saya tambah jengkel, dan pengen buru-buru nyuruh orang nyabutin bulu idungnya satu per satu. (Abis kalau nyabutin sendiri geli ah!)

“Iyalah. Sampe beli makan siang aja jadi Didit yang berangkat loh tadi.” Didit adalah orang sirkulasi di kantor saya. “Kamu ke mana aja sih? Disuruh ganti oli seharian nggak pulang-pulang,” sambung saya dengan tampang dan nada jutek.

“Saya tadi mangkal di perempatan, Bu.”

“Lah, ngapain kamu mangkal di perempatan?”

“Ngojek. Lumayan, Bu, buat tambah-tambah.”

Aduuuh, kalo nggak sabar-sabar udah saya cekokkin tuh si Amir pake biji kedondong yang udah direndem merica campur terasi. Kira-kira aja dong, masa jam kerja malah ngojek? Pakai sepeda motor saya, dan tanpa merasa bersalah pula!

“Siapa yang kasih ijin kamu untuk ngojek? Pakai motor saya lagi. Kamu kan tahu sekarang hari kerja dan kamu bukan digaji untuk ngojek!” ujar saya gregetan.

Dan apakah jawaban Amir? Bukannya minta maaf, janji nggak akan mengulang lagi, atau minimal diam saja biar saya nggak tambah emosi, eh berani-beraninya dia malah jawab begini,”Abis gaji saya kurang banyak sih...”

Speechless deh saya.

Gini ya, Amir... saya bukannya nggak mau ngasih gaji gede. Kalau kamu kerjanya bagus, rajin, bisa diandalkan atau paling nggak nih..nggak terus-terusan menguras emosi saya aja, pasti saya juga bakal dengan senang hati naikin gaji kamu. Tapi dengan reputasi minus yang kamu tunjukkan selama bekerja, saya nggak buru-buru nendang kamu aja udah bagus banget tau nggak seeeeh!!!

Amir akhirnya berhenti bekerja dari tempat saya. Tapi ajaibnya bukan gara-gara saya pecat loh. Justru dia yang mengundurkan diri, dengan alasan pengen lebih maju. Entah apa yang Amir maksud dengan lebih maju karena setelah berhenti kerja jadi OB di tempat saya, ternyata sehari-hari Amir sering saya lihat cuma nongkrong main kartu di dekat pos satpam.

Yang pasti, sayalah yang mengalami kemajuan drastis setelah berpisah dengan Amir. Saya  memang merasa mengalami kemunduran mental dan kemerosotan kewarasan yang cukup parah sejak menerima Amir bekerja di kantor saya. Untunglah penderitaan itu segera berakhir sebelum terlambat, sebelum saya terlanjur jadi penghuni rumah sakit jiwa cuma gara-gara miara OB pembawa derita!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar