Minggu, 03 April 2011

SALAH JURUSAN

Kayaknya waktu kuliah dulu saya salah ambil jurusan. Harusnya saya ambil jurusan psikologi, bukan sastra! Saya baru ngerasain akibatnya sekarang, setelah jadi pengusaha kecil-kecilan yang selain harus memikirkan strategi dan inovasi usaha, juga harus menyeleksi sendiri calon pegawai yang akan direkrut untuk membantu menangani pekerjaan di kantor. Maklum, saya belum sanggup -lebih tepatnya, belum merasa perlu- mempekerjakan orang untuk posisi HRD. Lah, pegawai juga cuma segitu-segitunya! Lagian untuk posisi selain OB, bisa dibilang di kantor saya jarang-jarang banget ada pergantian personil. Duh, personil.. udah kayak anak band aja.. ^^d

Dengan latar belakang pendidikan sastra Indonesia, saya cuma bisa mengandalkan insting saat menerima pegawai baru, khususnya untuk posisi OB. Kalau untuk bagian lain masih mending, saya masih bisa agak mereka-reka kemampuan si calon pegawai dengan membaca CV-nya (Curiculum Vitae). Tapi seumur-umur cari OB, belum ada satu pun yang datang melamar bawa CV. Boro-boro ngarepin mereka bawa CV, diajak ngomong langsung nyambung aja udah anugrah luar biasa banget buat saya!

Dan inilah beberapa adegan wawancara saya dengan calon OB yang bikin saya mules-mules sesudahnya.

Adegan Pertama
Saya : "Namanya siapa?"
Calon OB : "Edo, Bu."

Dalam hati saya langsung membatin, keren juga namanya. Orang tuanya pasti dari gerenasi sekarang yang cukup gaul. Sekadar info, biasanya nama orang yang ngelamar kerja jadi OB di kantor saya nggak jauh-jauh dari Amin, Udin, Ahmad, Anto, dan sejenisnya.

Saya : "Nama panjangnya?"
Calon OB : "Hmmm.. anu, sebetulnya nama saya Muhamad Marzuki, tapi sama temen-temen saya biasa dipanggil Edo. Beneran deh, Bu!"
Gubraaakk!! Kenapa nggak sekalian minta dipanggil Brad Pitt?

Adegan Kedua
Saya : "Jadi kamu lulusan SMA?"
Calon OB : "Iya, Bu."
Saya : "Lulusnya tahun berapa?"
Calon OB : "Rencananya sih tahun ini, Bu."
Saya : "Maksudnya?" (Sumpah, saya jadi bingung. Ngakunya lulusan SMA, tapi pas ditanya kapan lulus kok ternyata baru merencanakan mau lulus?)
Calon OB : "Jadi ceritanya gini, Bu. Saya kan lagi sekolah nih di SMA, terus keabisan biaya. Makanya saya mau kerja dulu buat ngumpul-ngumpulin duit biar bisa nyelesein sekolah."
Saya : "Berarti kamu belum lulus SMA?"
Calon OB : "Ya, kalo Ibu nerima saya kerja di sini, nanti saya selesein sekolah saya."
Saya : "Lah, kalo kamu kerja di tempat saya, kapan kamu mau sekolahnya?"
Calon OB : "Nanti, Bu, kalo saya udah punya uang untuk nyelesein sekolah."
Hiiiiihh... Ini orang belom jadi pegawai aja udah bikin saya senewen! Kalo diterusin, saya rasa percakapan muter-muter nggak mutu ini nggak bakal berakhir sampai dua hari dua malem!

Adegan 3
Saya : "Sebelum ngelamar di sini udah pernah kerja belum, Mas?"
Calon OB : "Pernah, Bu!" Suaranya mantap dan tegas.
Saya : "Kerja di mana?"
Calon OB : "Di pasar, dagang tahu."
Saya : "Kalau kerja jadi OB pernah nggak?"
Calon OB : "Belom, Bu. Tapi kan di sini toko musik, sama aja namanya dagang-dagang juga.."
Jiaaaahhh.. jualan alat musik disamain sama jualan tahu! Bukannya saya meremehkan profesi penjual tahu. Tapi jelas beda dong jual tahu sama jual gitar. Kayaknya seumur-umur buka toko musik, saya belum pernah ketemu pelanggan yang nongol ke toko saya sambil bilang, "Bu, beli gitarnya 2 bungkus!" sambil langsung nyodorin duit ke saya.

Adegan 4
Saya : "Jadi kamu mau ngelamar jadi OB di sini?"
Calon OB : "Iya, Bu."
Saya : "Sebelumnya udah pernah kerja di mana?"
Calon OB : "Belum pernah kerja, Bu. Saya mau belajar."
Saya : "Ok. Kamu tahu apa tugas-tugas OB?"
Calon OB : "Kagak. Ibu kasih tahu aja ke saya apa kerjaan saya.. Tapi gini, Bu, sebelumnya saya mau nanya dulu nih.. anu.. gaji saya berapa ya?"
Saya mendadak il-fil duluan.

Beberapa adegan di atas mungkin cukup menggambarkan betapa menderitanya saya saat harus mencari OB baru. Cari orang yang tepat memang bukan perkara gampang, bahkan untuk posisi OB yang keliatannya cuma mengerjakan tugas-tugas sederhana. Lah, kalo pas wawancara aja udah bikin saya mules, masa iya mau nekat saya terima? Saya jadi bertanya-tanya dalam hati, kalo dulu saya kuliah di jurusan psikologi, apakah bakal seapes ini nasib saya saat berhadapan dengan para OB yang mau kerja di tempat saya?

Dan akhirnya, setelah sekian lama berkutat dalam urusan rekrut merekrut OB, saya menemukan kenyataan pahit kalau ternyata saya cuma punya 2 pilihan tipe OB. Tipe A adalah OB blo'on tapi penurut, sementara tipe B adalah OB yang pinter tapi suka ngakalin. Sama-sama nggak seru dan bukan pilihan yang cihuy kan?

Saya pernah punya OB yang masuk kategori tipe B. Namanya Otong, lulusan SMA. Diajarin apa-apa cepet ngerti, disuruh ini itu langsung tanggap. Jeleknya, dia juga pinter ngeles dan jago ngakalin saya. Baru sebulan kerja, Otong udah hobi banget bolos. Alasannya macem-macem; sepeda motor mogok di jalan, sakit perut, tetangganya kawinan, keponakannya sunatan, abang sepupu kakeknya meninggal, tantenya sakit, jempolnya bengkak, helmnya ilang, neneknya ulang tahun, ayamnya dicuri orang.. banyak banget alasannya. Lebih nyebelinnya lagi, kalau nggak masuk si Otong nggak pernah ngasih kabar ke kantor. Dikira kantor nenek moyangnya kali ya! Hebatnya, tiap kali saya tegur Otong selalu punya alasan untuk ngeles.

Hadoooh... jadi serba salah deh.. Punya OB jujur dan penurut, saya gampang naik darah gara-gara otaknya ditaruh di dengkul, kurang se-ons pula. Giliran punya OB pinter, hidup saya tetep aja nggak tenang karena diakalin melulu! Mungkin bagusnya dulu saya kuliah di jurusan peternakan. Jadi saya cukup berurusan dengan sapi dan teman-temannya, nggak perlu menghadapi ulah para OB yang bisa bikin gila!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar