Senin, 13 Desember 2010

SAYA LUPA KALAU BAWA IBU!


Beberapa kali punya OB membuat saya belajar mengenal tipe orang berdasarkan tingkat kecerdasannya. Tipe pertama adalah orang yang memang pada dasarnya kurang cerdas tapi setidaknya masih bisa sedikit-sedikit diajarin melakukan pekerjaan yang sederhana meskipun untuk mengerjakannya harus terus-terusan diperintah dengan instruksi yang jelas, tepat, dan terarah.

Tipe kedua adalah orang yang tingkat ketidakcerdasannya udah mentok nggak bisa diapa-apain lagi. Mungkin malah sudah mengalami kerusakan otak kronis sejak masih di dalam kandungan. Jadi, mau dilatih dan diajarin seperti apa pun dengan cara apa pun nggak ada gunanya. Bukannya tambah pinter, yang ada malah tambah bikin puyeng..

Harus saya akui, Amir dan Udin memang sama error-nya, tapi beda kelas. Iyalah, yang satu lulusan SD dan satunya lagi tamatan SMA. Amir error-nya udah mendarah daging dan sulit diperbaiki. Tapi si Udin, biarpun suka rada-radanya nyebelin tapi masih bisalah diajarin melakukan pekerjaan yang belum pernah dikuasainya sebelumnya. Salah satu prestasi terbesarnya, Udin berhasil diajarin nyetir mobil sendiri. Tapi bisa bawa mobil bukan berarti dia jadi  lebih cerdas loh.. Tetep aja  culunnya nggak ilang-ilang. Dan gara-gara keculunannya itu saya sempat mengalami ditelantarkan oleh OB sendiri!

Hari itu saya janjian ketemu klien di sebuah café yang terletak di sekitaran Bintaro. Saya minta tolong Udin nganterin saya pakai salah satu mobil kantor karena mobil yang biasa saya pakai lagi dibawa suami keluar kota.

“Mau kemana, Bu?” tanya Udin.

“Ke café ‘Cihuy’ di sektor 3,” ujar saya.

“Oh, kalau gitu saya sekalian bawa majalah-majalah yang mau dikirim lewat pos ya, Bu.”

“Ya udah.”

Setelah Udin menyiapkan majalah yang harus untuk klien iklan yang akan diposkan, berangkatlah kami berdua naik mobil. Nggak sia-sia memang si Udin saya paksa-paksa belajar nyetir mobil plus saya bikinin SIM. Jadi, bisa dimanfaatin untuk nganter saya ke sana kemari untuk urusan pekerjaan. Nggak lama, sampailah kami di pelataran parkir café ‘Cihuy’.

“Saya nungguin Ibu di sini apa ke kantor pos dulu?” tanya Udin sebelum saya turun dari mobil.

“Ke kantor pos dulu aja gih. Nanti pulangnya baru ke sini lagi, jemput saya. Kalau saya belum selesai, kamu tungguin di mobil ya.”

“Ya, Bu.”

Sampai di sini kayaknya semua berjalan baik-baik aja. Saya ketemu klien – sebut saja namanya Mbak Ina-, Udin ke kantor pos. Selesai ngobrol-ngobrol urusan kerjaan, saya nanya  tujuan Mbak Ina selanjutnya.

“Mau ke sektor 7,” kata Mbak Ina.

“Bareng saya aja. Kantor saya kan di sektor 9, jadi ngelewatin sektor 7,” ujar saya setelah tahu Mbak Ina perginya naik taksi.

“Nggak usah deh, Mbak, ngerepotin,” kilah Mbak Ina.

“Nggak apa-apa kok, kan searah.” ujar saya sambil mencari-cari mobil di parkiran. Loh, kok nggak ada? Muter-muter di parkiran, sampai nanya ke satpam segala, mobil saya tetep nggak ketemu. Parkir di mana sih si Udin dodol itu? Saya pun menelepon ke HP Udin.  Tebak dia lagi ngapain? Ternyata dia lagi nonton tivi di kantor!

“Kok bisa ada di kantor? Kan tadi saya bilang abis dari kantor pos langsung ke sini,” ujar saya.

“Maap, Bu, saya lupa kalau tadi bawa Ibu.”

Eeeeh, ya ampuuuun.. lu kate gue dompet kelupaan dibawa! “Ya udah kamu buruan jemput saya di sini!” ujar saya nahan-nahan kesel.

“Iya iya, Bu.. saya ke sana sekarang!” jawab Udin tergagap-gagap di seberang telepon.

Aduh, jadi malu saya sama Mbak Ina. Udah nawar-nawarin ikut mobil saya, eh ternyata saya sendiri terkatung-katung di pelataran parkir!

“Ya udah, Bu, kalau ngerepotin, saya naik taksi aja,” ujar Mbak Ina waktu saya bilang mobil saya baru meluncur ke café.

“Eh, udah nggak apa-apa, bentar lagi mobilnya dateng kok. Kan kantor saya deket dari sini,” ujar saya nggak enak ati.

Kami menunggu Udin sambil nerusin ngobrol-ngobrol. Nggak sampai setengah jam kemudian, Udin nongol di parkiran café naik… SEPEDA MOTOR!

“Loh, kok naik motor?!” teriak saya kaget campur emosi.

Udin lebih kaget lagi. Kayaknya dia baru sadar kalau dateng naik motor. “Aduh, saya lupa kalau mau jemput Ibu!” ujar Udin dengan polos, jujur, dan sederhana. “Ya udah, tunggu dulu ya, Bu, saya ambilin mobilnya dulu di kantor.”

Sodara-sodara sebangsa dan setanah air, bisa bayangin nggak malunya saya saat itu? Udah nawar-nawarin klien naik mobil bareng, mobilnya ternyata nggak ada, eh ternyata kemudian saya dijemput naik sepeda motor. Aduh, udah nggak tahu lagi deh kayak apa warna muka saya waktu itu saking malunya!

2 komentar:

  1. kayanya mbak intan perlu nyuruh udin minum cerebrovit 33x sehari. kalo 3x sehari ga ngepek kayaknya mba... hihi

    BalasHapus
  2. Ntan<saya sih pelupa juga tapi untungnya belum separah udin..hahahahaha jadi poingin tahu tampangnya udin kyk apa....

    BalasHapus